Cara Merawat Karpet Tile

Cara Merawat Karpet Tile – Dewasa ini, karpet tile memiliki banyak penggemar. Hal ini dikarenakan karpet tile memiliki banyak warna dan motif sehingga mudah dikreasikan. Bentukanya yang terdiri dari potongan-potongan berbentuk persegi dapat dengan mudah diatur sesuai  dengan keinginan pemilik bangunan. Selain itu, karpet tile juga memiliki kenyamanan, durasi ketahanan mulai 14 hingga 17 tahun serta cara merawat karpet tile yang mudah. Kelebihan inilah yang menyebabkan karpet tile lebih banyak diminati dibanding karpet roll. =

Cara Merawat Karpet Tile

  • Cara merawat karpet tile yang ke 1) Bersihkan secara berkala. Hendaknya buatlah jadwal yang harus ditepati untuk membersihkan karpet tile agar kebersihannya selalu terjaga. Misalnya, Anda membersihkan karpet tile setiap hari Senin dan Kamis. Hal ini untuk menghindari kotoran yang menumpuk serta menjaga keawetan karpet tile.
  • Cara merawat karpet tile yang ke 2) Usahakan untuk mengangkat perabotan yang berada di atas karpet tile agar bersih secara menyeluruh dan karpet tile tidak terlalu berubah warna.
  • Cara merawat karpet tile yang ke 3) Gunakan peralatan kebersihan secara bertahap. Anda bisa menggunakan vakum cleaner di awal. Jika kotoran terlanjur masuk ke dalam, Anda bisa menggunakan penebah atau pemukul yang terbuat dari rotan untuk memukul-mukul karpet sehingga dapat dengan mudah disedot dengan vakum cleaner. Jika ada bagian kotoran basah atau lengket, Anda bisa membersihkannya dengan dua cara merawat karpet tile. a) ambil bagian karpet tile (jika karpet tile tidak dilem), kemudian bersihkan dengan menggunakan detergen. Jangan menggunakan pemutih agar tidak merubah warna. Gosok secara perlahan agar tidak merusak karpet. Jika sudah bersih, jemur hingga kering lalu pasang lagi. b) Gunakan bantuan cuka dan baking soda untuk membersihkan noda pada karpet. Anda bisa menyemprotkan cuka dan menaburkan baking soda ke noda, lalu dibiarkan selama semalaman baru kemudian vakum sisa baking soda.
  • Cara merawat karpet tile yang ke 4) Tukar posisi karpet. Penggunaan karpet yang sering dilewati orang akan cenderung mengalami perubahan warna. Oleh karena itu, jika memungkinkan Anda bisa menukar posisi karpet sehingga memiliki perubahan warna yang sama.

Karena perubahan posisi tentunya tidak dapat dilakukan jika karpet tile dilem di lantai. Selain itu, jika karpet tile memiliki pola yang unik Anda harus benar-benar memperhatikan posisi karpet dengan tepat.